Kerajinan Batu Onix (Bojonegoro - Jawa Timur)

Batu onix merupakan sumber kekayaan alam yang ada di Bojonegoro, tepatnya berada di Desa Jari, Kecamatan Gondang. Sampai saat ini warga disana telah mengembangkan produk kerajinan batu onix dengan produk antara lain: souvenir, perabot rumah tangga serta ornamen penghias ruangan.

Perkembangan kerajinan batu onix sepertinya masih kurang berkembang seperti perkembangan sentra kerajinan onix dan marmer di Kabupaten Tulungagung. Hambatan yang terjadi mungkin karena wilayah yang sulit dijangkau dan keterbatasan SDM. Padahal batu onix disini mempunyai kualitas tinggi karena mengandung silica sekitar 75,36% dengan lahan yang cukup besar diatas tanah seluas 187,5 hektar dengan volume cadangan 468.750 meter kubik. Sehingga ini merupakan peluang yang masih bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar.
Dalam Sejarahnya kerajinan batu onix di desa ini pernah mengalami masa puncak ketika dikelola oleh PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung (PT. IMIT) pada tahun 1977 hingga 1992. Namun akhirnya mati suri ketika terjadi peralihan manajemen dari PT. IMIT ke PT. Gajah Perkasa dari Surabaya pada Tahun 1994. Setelah dalam keadaan mati suri terdapat beberapa warga yang mengembangkan kerajinan batu onix sampai sekarang sehingga kerajianan batu onix masih berkembang di Desa Jari.
Pemasaran produk batu onix Bojonegoro telah menembus pasar lokal dan mancanegara. Dengan kualitas batu onix yang bagus dan produk yang bervariasi, produk Kerajinan Batu Onix Bojonegoro  diharapakan akan meningkatkan ekonomi warga Bojonegoro dan sebagai simbol sentra kerajinan Bojonegoro.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajinan Kayu Kasiman (Bojonegoro - Jawa Timur)

Monumen Bambu Runcing (Surabaya - Jawa Timur)