Kerajinan Kayu Kasiman (Bojonegoro - Jawa Timur)

Desa Batokan , kec. Kasiman Adalah Sentra Kerajinan Bubut Kayu Jati asal asli dari Bojonegoro , Konon Produksi Replikan Harley Davidson pertama kali dibuat di Desa ini , namun finishingnya di Yogyakarta , aneka kerajinan Batokan banyak di beli oleh pedagang souvenir dari Bali , Yogya dan Jepara , yang pada akhirnya kerajinan tersebut menjadi souvenir khas daerah bali , Yogyakarta atau Jepara , demikian padahal pengrajin aslinya berasal dari Desa Batokan
(Sabtu, 24 November 2012) Banyak produk-prooduk kerajinan kayu Jati asal Kecamatan Kasiman, Bojonegoro diakui buatan Singapura. Hal itu sangat disayangkan pihak Dinas Usaha Kecil Micro dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bojonegoro. Karena hal itu sangat merugikan industri lokal.
Seperti yang telah banyak diberitakan, produk kerajinan kayu yang diekspor Indonesia diberi label made in Singapura dan dijual dengan harga lebih tinggi di negara singa itu. Padahal harga ekspor dari Indonesia tergolong rendah.
Jika di Indonesia harganya Rp50.000, setelah diberi label made in Singapura bisa dijual menjadi US$ 50 atau setara Rp450.000.
Dinas UMKM Kabupaten Bojonegoro mengakui adanya rendahnya kesadaran dari produsen maupun pihak terkait tidak mencantumkan label made in Indonesia.
"Di Bojonegoro ada banyak produsen atau sentra kerajinan kayu di antaranya Kasiman, Margoagung dan Sukorejo. Tetapi yang diklaim Singapura adalah yang dari Kasiman, yaitu berupa pernak-pernik kayu jati, souvenir, jam dinding, lampu dan sebagainya," kata Kepala Bidang UKM Dinas UMKM Kabupaten Bojonegoro, Rully Yedi Hernani.
Sementara itu Dinas UMKM hanya bisa membantu dalam hal permodalan dan pelatihan saja. Untuk ekspor bukan kewenangannya. Ia menambahkan bahwa tidak diberinya label made in Indonesia pada produk ini dimungkinkan karena pengurusan perizinan yang rumit, sehingga menyulitkan produsen.

Comments

Popular posts from this blog

Monumen Bambu Runcing (Surabaya - Jawa Timur)

Kerajinan Batu Onix (Bojonegoro - Jawa Timur)